berita UN sd 2012

SOLO-Soal Ujian Nasional (UN) SD se-Jawa Tengah tahun ini disamakan. Tujuannya untuk menyamakan standar pendidikan di Jateng.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo mengungkapkan pada tahun-tahun sebelumnya, soal UN SD hanya disamakan untuk tingkat karesidenan. Tapi tahun ini, soal UN SD se-Jawa Tengah disamakan. “Jadi ada perubahan pola UN SD,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (30/4/2012).

Namun demikian, ungkapnya, setiap sekolah diberikan kewenangan untuk menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siswa seorang SD dikatakan lulus jika memiliki nilai minimal sesuai KKM. Tahun ini, jumlah peserta UN SD di Kota Solo sekitar 11.000 siswa. UN SD akan digelar Senin-Rabu (7-9/5).
Rencananya, kata Rakhmat, soal dari Provinsi Jawa Tengah akan datang di Kota Solo, Jumat (4/5). Soal terlebih dahulu disimpan di kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Banjarsari. Selanjutnya soal akan didistribusikan ke setiap UPTD, Sabtu (5/5).
Persiapan Mental
Sementara itu menjelang pelaksanaan UN, 93 siswa SD Al Firdaus Solo beserta orangtuanya mengikuti Spiritual Building Training (SBT) di Abdullah Meeting Room, Kleco, Solo, Senin. Trainer SBT berasal dari Tiga Serangkai, Andi Kusuma Brata.
Salah seorang guru SD Al Firdaus Solo, Ainul Qoyim, mengungkapkan kegiatan SBT bertujuan mempersiapkan siswa menjelang UN, dari sisi mental dan spiritual. Harapannya siswa lebih siap menghadapi UN.
Sebelumnya, kata Ainul, siswa sudah dipersiapkan secara lahir dengan mengikuti try out dan tambahan jam pelajaran setiap Sabtu. Khusus siswa yang nilainya masih kurang, harus mengikuti tambahan pelajaran setiap hari hingga pukul 17.00 WIB.

0 comments :